#768 Pilihan Ganda bagi Belanda

Tak ada bosannya Belanda mencetak prestasi. Belahan duniapun telah mempercayai Belanda sebagai tempat lahirnya brand – brand kenamaan di Eropa. Starbucks, membuka toko berkonsep laboratorium pertama mereka di dalam Bank Amsterdam, dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kopi dan hal – hal “dibalik layar” Starbucks. Tak mau kalah, Applejuga membuka toko mereka di Amsterdam yang digadang – gadang sebagai “The biggest Apple Store in the World”. Belum cukup sampai disitu, Victoria’s Secret  juga membuka toko pertama mereka di Eropa dan memilih Amsterdam sebagai tujuan utama (2011) dan disusul oleh London ditahun 2012.  (Dutchdailynews.com)

 

Tak heran jika Belanda selalu ingin unggul dan berprestasi. Dengan tampilannya yang nyaris tidak terlihat di peta dan diapit oleh negara – negara besar yang tentu akan lebih cepat terdengar gaungnya bagi dunia luas, Belanda berfikir keras bagaimana ‘memunculkan diri’ ditengah himpitan negara tetangganya.

“Dalam kondisi terdesak, individu bisa mengeluarkan segenap kemampuan pemikirannya menghasilkan ide kreatif untuk memecahkan permasalahannya.”

Dengan segala keterbatasan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Belanda, lahirlah berbagai pilihan ganda untuk mengakalinya. Kreatif, terbuka dan berjiwa sosial. Pilihan – pilihan inilah yang sudah dilakoni Belanda agar tetap eksis dan tidak tenggelam dimata dunia Internasional.

Kreativitas. Belanda terkenal salah satunya karena  keju. Keju yang lezat bermuara di Belanda. Apakah Belanda serta – merta merasa puas ? Tidak. Mereka memodifikasi keju dengan mengikuti ajang bergengsi dan menjadi nominasi di “German Design Award 2012” yang diadakan di Jerman. ‘kepolosan’ keju yang lezat ini di desain dengan cantik oleh Marinde van Leeuwen dan ia juga berhasil menyabet penghargaan dari “Red Dot Design Award” di tahun 2010. DesignKaas atau Dutch Design Cheese ini menjadi bukti nyata bahwa, ide – ide segar bisa meluncur dari kesederhanaan agar keju Belanda tetap naik daun.

Pasti sudah banyak yang mendengar kasak – kusuk warga Perancis yang enggan berbicara bahasa Inggris. Namun tetap saja, banyak turis berbondong – bondong menyerbu Perancis sebagai tempat wisata sekalipun penduduk lokalnya tidak bersahabat. Lain Perancis lain Belanda. Belanda dengan segala keramah – tamahannya dalam memperlakukan wisatawan dan kefasihannya berbahasa Inggris, tentu menarik turis untuk berkunjung. Tak heran, bandara Schiphol dinobatkan sebagai bandara terbaik di Eropa dan berada diurutan keempat didunia dalam rating Skytrax Eropa dalam segi pemberikan informasi yang eksplisit dan kemudahan aksesnya untuk menyambangi tempat rekreasi yang tersebar di penjuru Belanda.

Penghargaan tidak menyurutkan langkah Belanda dan membuat Belanda berpuas diri atas kreativitas yang telah dibuatnya. Dengan rentetan applausedari penjuru dunia, Belanda juga memiliki dedikasi yang tinggi tehadap orang lain yang kekurangan. Terbukti, Belanda dinobatkan menjadi negara paling dermawan di Eropa berdasarkan the funding of international “charity” surveyyang diadakan oleh The GfK Verein. Rupanya Belanda sadar betul bahwa hidup kekurangan dapat mengurangi rasa aman dan nyaman dalam kelangsungan hidup, karena Belanda sendiri hidup dalam keterbatasan SDA namun tidak dalam keterbatasan akal dan kemurahan hati.

Dari berbagai kreatitivas diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak harus kaya untuk bisa menonjolkan diri. Maksimalkan segala kekurangan untuk dapat dijadikan karya dan menentukan pilihan ganda yang tepat agar tetap ‘terlihat’.

Doorgaan, Netherlands !

– ditulis oleh Nadya Saraswati

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s