#773 Belanda: Mencuri Perhatian Dunia dengan Inovasi dan Kreativitas

The Netherlands negeri liliput di ujung barat benua eropa ini luas wilayahnya hanya 0.008% permukaan bumi. Walaupun belanda negara kecil namun belanda mempunyai banyak prestasi hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan sebagai negara penerima jumlah nobel terbanyak peringkat 10 di dunia , selain itu jika kita menengok ke bidang ekonomi, perekonomian belanda terdapat pada urutan nomor 16 terbaik di dunia bahkan menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, Belanda merupakan Negara terbaik kedua sebagai best place for business.

Sedangkan jika kita mengintip prestasi belanda dari sektor pendidikan, beberapa universitas belanda masuk dalam top 100 world wide Economics schools reaserach rangking seperti Tilburg University pada posisi 21 lalu ada University of Amsterdam berada pada urutan 27 dan Universitas Utrecht serta Universitas wagenigen masuk dalam top 50 life science university.

Beralih ke bidang olahraga, bagi pecinta bola kalian pasti kenal dengan timnas yang suka memakai seragam berwarna orange, merekalah Federasi Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) atau yang kita kenal dengan Belanda, informasi terbaru timnas Belanda meraih prestasi memukau yaitu masuk putaran akhir kejuaraan sepak bola Euro 2012, tentunya kabar baik bagi para pecinta sepak bola orange ini.

Puncak penghargaan yang paling bergengsi yang telah diraih oleh belanda adalah ‘The Most Competitive Country’(urutan 10), ‘The Most Innovative Country’ (urutan 8), dan juga ‘The World’s Best Country’(urutan 10).

Lalu apa yang menyebabkan negara kecil ini bisa maju dan menorehkan begitu banyak prestasi sehingga mencuri perhatian dunia ?

Warga belanda terkenal dengan sikap keterbukaan, toleran dan suka kebebasan. Sikap terbuka dan toleran warganya baik ke sesama ataupun terhadap warga asing yang datang ke negara mereka ini yang menyebabkan belanda menjadi salah satu negara yang nyaman untuk dikunjungi.

Begitu pula dengan sifat bebas yang dimiliki warga belanda, kebebasan warga belanda menjadi faktor kemajuan bangsa, mereka bebas untuk menyampaikan aspirasi, baik saran, kritik atau solusi untuk masalah negaranya. Sepertinya kondisi sulit juga merupakan pemicu warga belanda sehingga mereka secara terus menerus harus berfikir kreatif dan memunculkan inovasi – inovasi terbaru. Bentuk kreatifitas belanda salah satunya, lihat saja mobil terbang seperti yang ada difilm Harry potter, tanpa sihir mobil terbang garapan Spark dan Pal-V Europe N dapat berjalan baik di darat atau di udara.

Nampaknya belanda piawai dalam merebut perhatian dunia, tak heran berbagai penghargaan pun disabet oleh Koninkrijk der Nederlanden ini. Tentulah prestasi ini tidak semata mata langsung didapatkan, mereka telah melewati berbagai ujian dan cobaan, salah satunya dengan diberikannya oleh Tuhan sumber daya alam yang sangat terbatas, lalu kontur tanah yang sebagian besar dibawah permukaan laut sehingga sewaktu – waktu dapat saja terjadi banjir, kondisi sulit itulah yang mendorong mereka untuk selalu berfikir kreatif, berinovasi, berkarya dan akhirnya belanda pun mencuri perhatian dunia buah dari kreativitas dan inovasi mereka yang tiada henti.

Yuk ikuti jejak mereka, mungkin saat ini Indonesia sedang sulit, tapi suatu saat kita juga bisa seperti mereka. Ayo, terus berkreasi dan berinovasi !!!

– ditulis oleh Rani Amiaty

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s