#779 Belanda Merengkuh Dunia Kini dan Nanti!

Konon, dahulu kala negeri dengan kekayaan alam melimpah begitu dipuja. Dikultuskan sebagai negeri yang pasti akan makmur. Konon, dahulu kala keberagaman dan keunikan alam adalah resep utama kemakmuran suatu bangsa. Dua buah pikiran praksis tersebut sedikit termentahkan hari ini. Terdapat faktor lain yang dapat menjadi resep utama selain kekayaan alam. Besarnya jumlah penduduk usia produktif-lah yang menjadikan sumber daya alam mampu berbicara banyak dalam hal kemakmuran suatu bangsa. Kreativitas adalah kata kunci selanjutnya yang harus dicermati setelah jumlah penduduk usia produktif.

Belanda adalah contoh menarik dalam hal ini. Pertama, dahulu Belanda dikenal sebagai negara yang paling inovatif dan kreatif dalam hal teknologi. Teknologi khas Belanda dapat kita temui hampir di setiap bidang keseharian kita. Kedua, hal itu masih terus melekat dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dan dunia. Teknologi pelayaran, perairan, hingga perumahan, dan segala konsep ramah lingkungannya kini banyak diterapakan di semua negara. Mulai dari Philips, tim Oranje, hingga konsep rumah yang compact!

Sebagai salah satu negara dengan Growth Domestic Product (PDB) terbesar di Eropa, Belanda berhasil memakmurkan bangsanya dengan berlandaskan konsep kreativitas. Belanda adalah contoh menarik negara yang mampu menggabungkan semua elemen kreatifnya dari budaya, ekonomi, dan pariwisatanya. Festival Film Rotterdam adalah salah satu festival film paling berpengaruh bagi insan perfilman dunia.

Belanda membangun kesuksesannya sekarang tidak dalam tempo semalam. Selalu ada saat jatuh dan bangun dalam membangun fondasi kemakmuran bangsa yang bagus dengan menjunjug tinggi HAM. Seperti kata pepatah Belanda yang diterjemahkan sebagai after the rain, the sun will shine. Semua elemen kreatif dari Belanda dapat kita nikmati di setiap sudut ruang terbukanya. Ruang terbuka yang memang disediakan untuk publik memiliki konsep sedemikian rupa sehingga banyak kalangan muda yang menjadikannya tempat untuk bertemu. Jika dua orang muda sudah bertemu dan saling berdiskusi, maka akan tercipta satu inovasi baru, setidaknya.

Ranah ilmu pengetahuan dan teknologi pun tak terlepas dari sentuhan inovatif. Inovasi dan kreativitas yang memang disadari sangat pentig, terejahwantah dengan nyata pada lingkup akademik. Tidak heran jika Belanda menjadi salah satu negara dengan peraih Nobel terbanyak. Pendidikan tinggi di Belanda pun meleburkan bidang riset dan inovasi menjadi satu fusi yang memesona. Utrecht, Nijmegen, Wagenigen, adalah beberapa motor penggerak inovasi yang memesona itu.

Pada ranah research and entrepreneur-based university, Belanda memimpin dengan sigap. Hubungan antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat umum tecermin dalam setiap aplikasi hasil riset terbaru para periset Belanda. Penerapan yang baik dalam hal knowledge-based economy telah melahirkan masyarakat yang tak apatis terhadap bentuk perkembangan ilm pengetahuan dan teknologi.

Semua kemajuan Belanda dahulu dan sekarang yang masih kita lihat mentahbiskan lagi tesis lama tentang erekonomian suatu bangsa. David Landes dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Poverty Nation (1998) telah menjelaskan hubungan erat antara perkembangan ekonomi dan kebudayaan sebuah bangsa. Landes membahas mengenai European Miracle, tentang bagaimana bangsa Eropa maju dengan pesat setelah Revolusi Industri. Dalam hal inilah, kreativitas yang merupakan aset nirwujud (intangible) berperan sangat signifikan! Aset nirwujud dan bangsa yang tak apatis melahirkan negara yang makmur dan stabil.

– ditulis oleh Ferry Gunawan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s