#790 Negeri Belanda, Negeri yang Menakjubkan

Mendengar negara Belanda disebutkan, yang pertama kali terbersit dipikiran saya adalah negara penjajah. Karena, Belanda merupakan negara yang pernah menjajah negara saya, Indonesia selama 4,5 abad. Namun, itu dulu. Sekarang, negara Belanda telah maju dengan “menakjubkan”. Kenapa menakjubkan? Karena saat ini, perkembangan pendidikan dan inovasinya telah maju dengan pesat. Bahkan, Belanda juga menjadi negara keempat paling bahagia di dunia. Hal yang pertama kali membuat saya takjub dengan Belanda adalah pendidikannya. Saat ini, ada 5 (lima) universitas di Belanda yang masuk dalam 100 besar universitas yang ternama di Eropa, bahkan di dunia. Kelima universitas itu adalah Delft University of Technology, University of Amsterdam,Utrecht University, Leiden University dan Wageningen University and Research Center. Di dalam artikel “Belanda ranking ke-3 dalam World Reputation Rankings 2012” disebutkan Delft University of Technology merupakan univeristas yangh terkenal sebagai salah satu institusi pendidikan pionir di bidang teknologi dan inovasi memimpin grup 51-60. Kemudian, University of Amsterdam dan Utrecht University yang memimipin grup 71-80 merupakan universitas yang dikenal sebagai universitas multi-disiplin. Terakhir, ada Leiden University yang memimpin grup 81-90 dan grup 91-100 dipimpin oleh Wageningen University and Research Center. Kelima universitas itu dinobatkan sebagai 100 besar universitas yang ternama di Eropa, bahkan di dunia karena kelimanya memiliki kualitas pendidikan yang baik dan telah memiliki nama baik di bidang-bidang yang menjadi kekuatan mereka masing-masing.

Gedung Universitas Utrecht, universitas yang menjadi salah satu dari 5 (lima) universtas di Belanda yang masuk kategori 100 besar unversitas ternama di Eropa bahkan di dunia Selain maju dari dunia pendidikan, Belanda yang kita kenal sebagai negeri kincir angin juga maju di bidang inovasinya. Seperti yang diberitakan sejak akhir Maret 2012, Catharinaplein di Eindhoven telah diterangi FreeStreet, penerangan jalan termutakhir dari Philips. Menurut Mary-Ann Schreurs, Penasehat Eksekutif Kota untuk Inovasi, Budaya dan Ruang Publik dari kota Eindhoven, freeStreet adalah contoh bagus untuk perkembangan teknologi, karena sistem penerangan melayangnya disesuaikan dengan cara orang bergerak dan bertindak. Sehingga membuat orang tidak harus lagi menyesuaikan atau mencari letak penerangan. Selain itu, penerangan jalan dengan freestreet memungkinkan untuk menciptakan ruang publik bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda, karena lampu-lampu penerangan jalan yang selama ini menggunakan tiang menjadi sedikit. Inovasi lainnya yang sedang dikembangkan di Belanda adalah mobil terbang. Sebenarynya prototype mobil terbang telah banyak dikembangkan, namun belum ada yang berhasil secara teknis maupun komersial. Namun kini, ada 2 (dua) perusahaan di Belanda yang selangkah lagi berhasil mewujudkan impian tersebut. Spark dan Pal-V Europe NV kini lagi menggarap kendaraan inovatif yang dapat dikemudikan seperti mobil dan terbang seperti gyrocopter, yang mereka sebut PAL-V. Bahkan, informasi terakhir yang saya dapatkan dari http://otomotif.vivanews.com, PAL-V telah berhasil dikembangkan dan siap untuk diproduksi massal untuk dijual pada tahun 2014 mendatang.

Mobil terbang PAL-V yang siap dijual pada tahun 2014 mendatang Terakhir, yang membuat saya takjub dengan negeri Belanda adalah “kebahagiaannya”. Berdasarkan laporan “World Happiness Report” Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Belanda menjadi negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia. Ketiga hal tersebut yang membuat saya takjub dengan Belanda dan semakin tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sana. Semoga, Amin.

– ditulis oleh Ikhsan Azhar

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s