#794 Sepeda, Belanda, dan Pemanasan Global

Kenyataan bahwa Belanda merupakan negara yang kreatif memang tidak bisa dipungkiri. Sekalipun kondisi tanah di Belanda berada di permukaan laut, namun negeri ini mampu mengatasinya dengan sangat baik sehingga tidak perlu berhadapan dengan masalah banjir. Realita ini menjadi bukti kreatifitas yang dimiliki Belanda. Jika melirik pada moda transportasi maka sepeda menjadi pilihan yang sangat diminati warga Belanda. Bahkan sepeda sudah menjadi alat tranportasi warga secara turun menurun. Belanda memang merupakan negara yang nyaman untuk bersepeda dan sangat bersahabat bagi pengendara sepeda. Tidak heran jika Belanda juga menjadi negara yang sering diidentikan dengan sepeda, selain kincir angin dan bunga tulipnya.

Sepeda termasuk alat transportasi tertua yang masih dipakai hingga saat ini. Keberadaanya sempat tergerus oleh kemunculan alat-alat transportasi darat yang modern seperti mobil dan sepeda motor yang lebih praktis dan cepat. Tidak demikian halnya dengan warga Belanda. Di tengah gempuran berbagai produk baru mobil dan sepeda motor yang semakin canggih, kehadiran sepeda tetap tidak mampu dipisahkan dari kehidupan transportasi di Belanda. Apalagi seiring dengan perkembangan isu pemanasan global yang terus menyeruak maka penggunaan sepeda sangat tepat sebagai salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara.

Terkait dengan isu pemanasan global dan sebagai bentuk kepeduliaan terhadap lingkungan serta upaya mengurangi polusi udara, maka Belanda meluncurkan inovasi baru dari sepeda yang cukup menarik. Setidaknya ada dua bentuk inovasi sepeda yang layak untuk dijadikan pilihan sebagai pengganti kendaraan bermotor.

Yang pertama adalah sepeda listrik dengan box di bagian depan. Sepeda box yang diberi nama Urban Arrow ini memiliki kecepatan maksimal 25km/jam dengan kekuatan motor 250 watt dan mampu menempuh jarak hingga 40 km. Dengan spesifikasi yang dimiliki maka sepeda Urban Arrow merupakan pilihan yang tepat sebagai alat tranportasi keluarga khususnya yang masih memiliki anak kecil. Apalagi box yang berada di bagian depan menjadi tempat untuk membawa anak-anak/anggota keluarga ataupun barang-barang berukuran kecil.
Inovasi yang kedua adalah sepeda kargo Vracht Fiets. Sepeda kargo ini dilengkapi dengan box barang berukuran 3×1 meter dan juga memiliki kekuatan motor 250 watt, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengiriman barang dengan jumlah yang cukup banyak. Sepeda kargo Vracht Fiets ini memang dirancang untuk jasa layanan antar barang.

Hadirnya kedua sepeda ini seakan hendak menegaskan bahwa sepeda sudah seharusnya menjadi prioritas alat transportasi lokal dalam kondisi pemanasan global yang semakin parah. Semoga inovasi sepeda di Belanda ini dapat menjadi inspirasi bagi negara-negara lain untuk menciptakan produk yang berpihak pada upaya mengurangi polusi. Tidak ada salahnya negara-negara lain di dunia mengikuti langkah Belanda yang tetap berupaya melahirkan inovasi sehingga sepeda dapat senyaman menggunakan kendaraan bermotor. Sepeda Urban Arrow dan Vracht Fiets semakin mempertegas keberadaan Belanda sebagai negara yang kreatif.

– ditulis oleh Oktalina Simatupang

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s