#795 Menembus Batas Negara Belanda

Sebuah proyek besar itu terkadang datang dari sebuah mimpi. Setiap orang biasa bermimpi, menyusun rangkaian proses dalam kepalanya dan membuatnya terasa terlihat begitu sempurna. Tapi, duduk dan berimajinasi saja gak bakalan mengubah apapun. Kita harus bisa menggambarkannya ke dunia nyata, mewujudkan apa yang dikatakan orang lain mustahil.

Sebenarnya saya punya satu rahasia. Tau tidak pintu ke mana saja yang biasa digunakan doraemon?? Sebenarnya pintu seperti itu benar-benar ada loh, di dunia nyata. Well, kalau kamu benar-benar tertarik, I’ll tell you this secret..

That door is education….

Eitss,, jangan langsung heran gitu doongg… Saya punya alasan kenapa saya bilang kalau pintu itu adalah pendidikan..

Tahu tidak? Pendidikan yang baik harusnya menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Saya bisa menyebutkan satu negara, jika harus, yang mungkin bisa membuka lebar-lebar gerbang menuju impian itu, yang memberikan kesempatan ke tangan orang-orang yang benar-benar mau dan berani bermimpi, yaitu Belanda.

Negara ini memiliki banyak angin yang kemudian digunakan sebagai sumber tenaga. Sama halnya dengan penggunaan air sebagai pembangkit listrik, angin tersebut kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan kincir angin yang kemudian menjadi sumber tenaga negara itu.

Tidak hanya itu loh, sungai-sungai di negara tersebut dimaksimalkan penggunaannya sehingga bisa dilewati kapal-kapal besar, bahkan beberapa pelabuhannya menjadi pelabuhan terbesar di dunia. Selain itu, ada juga pelabuhan yang menggunakan sistem lock, tepatnya di Willemstad yang memanfaatkan air yang mengalir. Sistem lock ini manfaatin sifat air yang mengisi ruang. Sebelum sampai di pelabuhan, ada beberapa gerbang yang bisa buka tutup untuk menahan air. Sebenarnya sistem ini manfaatin sifat air yaitu bentuknya selalu datar. Jadi, gerbang-gerbang itu bisa terbuka dan tertutup. Kalau gerbang pertama terbuka, air akan mengalir dan kapal masuk ke dalam dan gerbang pertama ditutup. Begitu seterusnya sampai kapalnya bisa naik ke tempat yang lebih tinggi.

Contoh lainnya itu jembatan di daerah Brabant, sebelah Barat Belanda juga ada jembatan yang dibangun berdasarkan cerita Nabi Musa yang membelah lautan. Jembatan itu dibangun tepat membelah sungai di daerah tersebut. Jadi, pondasi jembatannnya dibangun menyentuh dasar sungai. Jalan di jembatan itu jadi kayak jalan melewati sungai. Kalau lewat di jembatan, kita juga bisa langsung menyentuh ari tepat di kiri dan kanan kita. Tapi jangan khawatir, air gak bakalan masuk ke dalam jembatan karena arsiteknya udah dipasang pompa supaya airnya gak masuk. Hebat gak tuh…

Jadi, gak salah kalau pergi dan melihat secara langsung negara kincir angin ini menjadi impian banyak orang. Karena negara itu, Belanda, menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menimba ilmu dan melihat secara langsung bagaimana sebuah imajinasi seseorang, mimpi yang dikatakan orang lain tak mungkin, menjadi kenyataan di sana. Sebuah negara kreatif dan inovatif, yang memiliki magnet kuat menarik orang-orang untuk mengunjungi Belanda.

– ditulis oleh Sri Yunita D.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s