#801 Say “Cheese” for Its Creative Packaging

 vermeer cheese

Tidak diragukan lagi Belanda merupakan negara yang paling diakui eksistensinya. Dari sekitar 24 negara yang berpartisipasi dalam acara the 29th International Cheese Contest di Wisconsin, US, keju Vermeer yang diproduksi oleh FrieslandCampina ini berhasil menjadi juara(1). Khusus pada tahun 2012, di acara dua tahunan ini sekitar 400 pengunjung berhak mencicipi dan memilih keju yang pantas menjadi juara dari 15 besar keju terbaik. Vermeer merupakan sejenis keju Gouda, namun memiliki kandungan garam dan lemak yang rendah, dan di Belanda sendiri dikenal dengan nama cCatenaar. Pada tahun 2004, Rembrandt, jenis keju dari Belanda yang lain juga berhasil menyabet gelar juara dunia pada kompetisi ini(2).

Selain unggul dalam kualitas flavor, cheese packaging di Belanda juga diakui sangat inovatif. Adalah seorang Marinde van Leeuwen, seorang food-designer, yang menyadari Belanda adalah negara yang terkenal dengan keju dan desainnya, kemudian mengombinasikan keduanya menjadi dutch design cheese atau DesignKaas. Marinde van Leeuwen membuat “mantel” yang sangat indah dan menarik untuk Dutch Gouda Baby Cheese. Inovasi dari van Leeuwen ini kemudian masuk ke dalam nominasi pemenang German Design Award 2012. Pada tahun 2010, produk-produk dari van Leeuwen ini juga memenangkan penghargaan bergengsi Red Dot design Award 2010(3).

Pada Agustus 2011, produsen keju Maaslander mengeluarkan kemasan keju berbentuk amplop. Amplop bersegel ganda ini terbuat dari lembaran alumunium tipis, sehingga tahan kebocoran dan sobekan, serta dapat dibuka tutup berulang-ulang(4).

 envelope cheese

Pada awal tahun 2012 ini, maskapai penerbangan Belanda, KLM membuka sayembara merancang their new sandwich packaging. Paul Elich, EVP KLM Inflight Services mengatakan, “To inspire our passengers during their journey, KLM has been working for many years with established names in Dutch design, such as Marcel Wanders, Mart Visser and Viktor&Rolf. The Netherlands is full of young, undiscovered talent. By asking students of the Kunstacademie AKV/St. Joost, Avans Hogeschool to design new sandwich packaging, we are offering young talent the opportunity to show their work to the whole world. We are thrilled that the winning designs relate so well to KLM.” Silvie Buenen, Tom van der Pijl and Agnes Loonstra adalah tiga mahasiswa yang menjadi pemenang dalam sayembara merancang food packaging untuk KLM tersebut. per 1 juni nanti, desain mereka dapat dinikmati dalam penerbangan dengan dengan KLM(5).

 Culidish®

Selain unggul dalam desain kemasan Belanda pun unggul dalam teknologinya. Perusahaan Belanda, Shieltronics telah mematenkan kemasan makanan untuk microwave yang diberi nama Culidish. Culidish® dapat mengontrol energi gelombang mikro yang bisa mencapai makanan dalam satu paket, sehingga memungkinkan orang menyiapkan salad, sayuran, saus, dan daging / ikan di microwave pada saat yang sama, dengan hasil kematangan yang sesuai untuk masing-masing bahan. Inovasi ini pun meraih penghargaan Benelux Packaging Award “De Gouden Noot”, serta memenangkan penghargaan German Packaging Award pada 2010(6).

Di tangan orang-orang Belanda, kemasan makanan bukan hanya berfungsi untuk melindungi makanan dari kontaminasi, namun juga menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi, serta unggul dalam teknologi. Sesuai dengan tema Kompetiblog 2012 ini, it is proved that Holland is a creative nation. Dutch people really enjoy innovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas.

– ditulis oleh Tri Hayyu Majiida

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s