#803 The Dutch and Their Creativity

Sekarang kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kreativitas, tanpa jiwa kreativitas yang tinggi, seseorang tidak akan dapat bersaing dengan sekelilingnya. Menurut KBBI kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi dan kekreatifan. Tapi tahukah anda salah satu negara dengan tingkat kreativitas tertinggi di dunia? Negara yang terkenal dengan warna oranye dan total footballnya. Negara dengan keindahan bunga tulip dan kincir anginnya? Ya, Negara tersebut adalah Belanda.

Belanda adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara. Negara yang beribukota di Amsterdam ini juga salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia. Sifat liberal Belanda menjadi sebutan masyarakat internasional. Hal itu terlihat dalam kehidupan sehari-hari penduduknya yang sangat mandiri dalam melakukan sesuatu.

Tidak seperti negara-negara Eropa lainnya, selain memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Belanda, masyarakat Belanda juga bisa berbahasa Inggris. Sekitar 86% dari Dutch people (sebutan untuk orang belanda) lancar dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Menurut literatur hal tersebut dikarenakan Belanda adalah negara yang kecil dan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap perdagangan internasional. Pembelajaran itu berlanjut sampai sekarang , bahkan untuk program TV berbahasa asing, mereka lebih memilih untuk menggunakkan subtitle daripada dubbing.

Salah satu dasar dari kreativitas adalah mendengarkan pendapat orang lain. Ini sangat dimiliki oleh masyarakat Belanda dimana cara berpikir mereka sangat open minded, menyukai kebebasan, dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap orang asing. Hal tersebut terlihat dari kehidupan sehari-hari mereka yang sangat suka bertukar pendapat, berargumen, dan berdebat, sampai-sampai ada dalam prinsip mereka bahwa “lebih baik tidak menyelesaikan masalah asal ada debat, daripada menyelesaikan masalah tanpa ada debat.”
Belanda juga terkenal dengan para senimannya seperti Rembrant dengan Night Watch-nya, Van Gogh dengan Starry Night dan Sunflowers-nya. Beberapa filsuf terkenal juga lahir di Belanda seperti Hugo Grotius dengan “Perihal Hukum Perang dan Perdamaian” (The Law of War and Peace) dan Desiderius Erasmus dengan “Pujian kepada Kebodohan”(Laus Stultitiae) yang banyak dibaca orang. Negara datar ini juga banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan pengubah dunia salah satunya yaitu Johannes Diderik van Der Waals yang menciptakan “gaya van der Waals” sehingga beliau mendapatkan Penghargaan Nobel pada bidang fisika pada 1910.

Dilihat dari sejarah para leluhur-leluhurnya tidak disangsikan lagi bahwa Belanda adalah salah satu negara tujuan para pencari ilmu di dunia. Terdapat banyak sekali universitas terkenal di Belanda seperti University of Amsterdam, University of Groningen, Utrecht University, Erasmus University Rotterdam, dan masih banyak lagi.

Tapi diantara kreativitas-kreativitas yang paling menarik dari Belanda yang memiliki jumlah penduduk 16 juta jiwa ini adalah kemampuan mereka menyelesaikan masalah dengan menggunakan kreativitas tersebut. Salah satu buktinya adalah sistem polder yang berfungsi untuk mencegah dan menahan banjir (yang kita tahu bahwa 2/3 daratan Belanda berada dibawah garis permukaan air laut). Polder adalah sekumpulan dataran rendah yang membentuk kesatuan hidrologis artifisial yang dikelilingi oleh tanggul (sumber: Bebasbanjir2025.wordpress.com).

Dari teknologi yang diciptakan Belanda kita dapat menyimpulkan bahwa tidak dipungkiri lagi kreativitas negara yang rawan banjir dan badai ini memang sangat tinggi karena mampu menerapkan sistem penanganan terhadap banjir. Bahkan kabarnya tanggul yang dibuat melebihi panjang dari tembok Cina.

– ditulis oleh Ephraim Juanda

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s