#805 Hapus Belanda dari Dunia Ini?

PETIR! Terasa seperti tersambar petir. Ditengah Mendungnya hari dan deretan angka statistik yang sedari pagi berputar-putar di kepala, sebuah sms dari kawan SMA telah membuatku berasa tersambar oleh petir. sms mengejutkan itu berisi :

“ Ingin rasanya aku menjadi seseorang yang adi kuasa dan menghapus sebuah negara bernama BELANDA dari dunia ini ! ”

Tanpa basa-basi dan alasan yang jelas, kawan SMAku ini tiba-tiba ingin menghapus Belanda. Lewat pertemanan yang telah berumur lebih dari 4 tahun, bisa aku pastikan bahwa ia telah mengalami kekecewaan besar hingga mengeluarkan kata-kata tersebut. Sebagai kawan dekat, kucoba untuk mengobati kekecewaannya lewat balasan smsku. Ya, inilah yang kukirim kepadanya.

Coba kau bayangkan apa yang akan terjadi jika Belanda dihapuskan dari dunia ini. Tengoklah prestasi Belanda seperti rangking 3 dalam World Reputation Rangking 2012, Global Higher Education Rangking, Negara terbaik kedua sebagai best place for business , ditambah dengan kehadiran Mahkamah Internasional di negara ini serta berpuluh-puluh prestasi lainnya, menunjukkan betapa vital negara ini bagi dunia.

Mahkamah internasional

Mahkamah Internasional
(http://en.wikipedia.org/wiki/File:International_Court_of_Justice.jpg)

Jika hasrat menghapus Belanda masih kuat, coba rasakan “kegilaan” mereka dalam hal arsitektur. Negara ini mungkin pantas dengan sebutan Atlantis dunia modern. Aku yakin kau pasti pernah mendengar tentang negeri Atlantis yang ternggelam ke dasar laut. “Kegilaan” arsitektur inilah yang membuat Belanda bagaikan Atlantis yang muncul ke permukaan. The Maeslant Barrier namanya.

The Maeslant Barrier
(http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=574830&page=12)

Bangunan yang telah dibangun sekitar 50 tahun yang lalu ini berfungsi untuk mencegah intrusi air laut ke daratan Belanda ketika terjadi kenaikan air laut. Selain itu, sejumlah bendungan yang tersebar di penjuru negeri turut membantu sistem penahan agar Belanda tidak kembali tenggelam. Kau butuh bukti kekuatan konstuksi Belanda? Cobalah kau sambangi Bendungan Katulampa yang menjadi patokan para penghuni Ibukota terhadap kemungkinan banjir. Bendungan yang dibangun oleh Belanda ini masih kokoh meskipun umurnya yang lebih dari 1 abad.

Hmm, jika kau masih belum puas, liatlah “kegilaan” mereka di bidang psikologi positif. Saya rasa kau belum pernah mendengar istilah: “World Database of Happiness”. Ini bukan lelucon. Saat dunia berdebat tentang esensi kebahagiaan, “kegilaan” Belanda telah membuat mereka menciptakan World Database of Happiness – WDH ini. Bahkan professor Ruut Veenhoven didaulat menjadi bapak riset kebahagiaan sekaligus direktur dari WDH ini.

Lambang WDH
(http://www1.eur.nl/fsw/happiness/hap_nat/nat_fp.php)

Mungkin jika kau termasuk orang yang beruntung menjamah Belanda, datanglah ke Rotterdam untuk menilik WDH yang merupakan bukti “kegilaan” mereka. Eric Weiner – koresponden asing untuk National Public Radio (NPR) – dalam bukunya “the Geography of Bliss” menuliskan :

“WDH adalah jawaban kaum sekuler kepada Vatikan dan Makkah serta Yerussalem dan juga Lasa, semua jadi satu”

Sungguh mengagumkan memang “kegilaan” mereka hingga membuat seorang jurnalis senior seperti Eric Weiner menuliskan kata-kata diatas.

Dalam pandanganku, segala “kegilaan” negeri kincir angin ini adalah wujud dari tingginya jiwa “kreativitas” mereka. Jiwa kreativitas yang telah dipupuk semenjak dini dan tak akan pernah luntur dimakan waktu. Dan kini pertanyaan muncul kembali : Masihkah kau mencoba menghapus negeri Belanda ?

– ditulis oleh M. Fakhruzzaman

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s