#808 Transformers Versi Belanda

“Creativity is the act of turning new and imaginative ideas into reality. If you have ideas, but don’t act on them, you are imaginative but not creative.”
— Linda Naiman —

Sebuah fakta yang menakjubkan bahwa Belanda, salah satu negeri di Eropa bagian barat laut telah menunjukkan ekistensinya dengan berbagai kreativitas dan prestasi yang hebat. Pencapaian ini sesungguhnya tidak terlepas dari peran masyarakat yang terus berusaha mengembangkan dan mewujudkan kreativitas mereka.

Negara yang bernama Koninkrijk der Nederlanden atau Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Namun, kondisi tersebut tidak menjadi penghalang bagi masyarakat di negeri Belanda untuk terus berkreatifitas. Hal ini terbukti dengan adanya inovasi-inovasi dalam aspek hidupnya, seperti pembuatan ‘Mobil Terbang’, lampu LED ‘Melayang’ Philips di Eindhoven, Vibration Energy, dan lain sebagainya.

Apakah Anda pernah menonton film ‘Transformers’? Itu adalah sebuah film fiksi yang disutradarai oleh Michael Bay yang menampilkan kreatifitas visualisasi robot yang menarik dan canggih. Bagaimana sebuah visualisasi gambar menjadi seolah-olah nyata adanya. Inilah yang terjadi di negeri Belanda, sebuah keadaan dimana ide-ide kreatif yang dimiliki dapat dimplementasikan dalam sebuah kreatifitas yang menghasilkan inovasi yang hebat. Siapakah yang telah berhasil melakukannya?

Transformers Versi Belanda telah berhasil mewujudkan ide kreatifnya menjadi sebuah realitas. Transformers yang dimaksud adalah masyarakat Belanda itu sendiri, bukan robot seperti dalam film.

Desiderius Erasmus, Rembrandt, Christiaan Huygens, Hannie Schaft, Hendrik Antoon Lorentz , Michiel de Ruyter, Willem Drees, Anton van Leeuwenhoek, dan Hugo de Groot adalah contoh beberapa tokoh transformer Belanda pada masa lalu yang berhasil melakukan inovasi dengan kreativitasnya sendiri. Saat ini, semakin banyak transformer di Belanda. Tengok saja artikel yang menyatakan para ilmuwan Kavli Institute di TU Delft dan di Foundation for Fundamental Research of Matter berhasil mendeteksi partikel Majorana (TU Delft), ini membuktikan bahwa masyarakat Belanda memang suka berinovasi dan berkreatifitas dari sejak dulu. Kreativitas yang mereka hasilkan tentunya tidak terlepas dari sistem pendidikan yang baik di Belanda.

Hal ini didukung oleh sebuah teori yang menyatakan bahwa kreativitas dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat (Munandar, 2009). Menilik informasi dari website http://www.nessoindonesia.or.id, para pelajar di Belanda diajak untuk ikut berpartisipasi dalam proses berpikir sehingga dapat menjadi stimulus untuk memunculkan ide-ide kreatif. Mereka boleh memberikan kritik dan saran secara terbuka dalam diskusi. Dengan proses belajar yang baik, mereka pun berhasil mencapai prestasi bidang akademik di dunia, diantaranya adalah meraih peringkat ke-3 keterjangkauan biaya (Affordability) dan peringkat pertama aksesibilitas (Accessibility) dalam laporan Global Higher Education 2005; peringkat ke-10 negara penerima nobel terbanyak di dunia; dan yang terbaru, Belanda berada di urutan ke-3 negara dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012. Sungguh prestasi yang mengagumkan!

Selain itu, kreativitas merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu kebutuhan akan aktualisasi diri dan merupakan kebutuhan paling tinggi bagi manusia (Maslow, dalam Munandar, 2009). Tidak heran jika dengan segala pencapaian yang telah diraih oleh transformers Belanda, menjadikannya tercatat dalam World Happiness Report 2012 sebagai peringkat ke-4 negara paling bahagia di dunia.
Let’s study from this country! Wujudkan kreativitasmu Dan Jadilah Seorang Transformer untuk Negerimu!

– ditulis oleh Awwaliatul Mukarromah

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s