#811 Little Holland

Menuju dunia kecil yang penuh fantasi dan mimpi, keajaiban dan kembang api, balon udara, penyihir dan tuan putri itulah dunia imajinasi. Yang membuat kita tersenyum, tertawa, menangis, takjub dengan gemerlap warna dan bahkan membuat kita terlihat lebih muda 15 tahun.

Dunia imajinasi tak akan lekang oleh waktu, karena akar dari imajinasi berasal dari khayalan yang kita miliki. Oleh karenanya negara atau bahkan setiap orang mempunyai style tersendiri untuk mengembangkan dunia fantasinya, melalui animasi, kartun hingga komik. Lalu bagaimana dengan Belanda, apa mereka juga punya style sendiri untuk artworknya? 

George Pal yang lahir di Hungaria, adalah seorang animator yang  sudah mendunia dengan puppetoons. Dia adalah salah satu pioner animasi di Belanda. Dia membangun studio animasi di Eindhoven di tahun 1930-an dan telah memproduksi banyak kartun komersial. Walaupun hanya sebentar tinggal di Belanda tetapi dia telah membangun dunia per-animasi-an Belanda dan menginspirasi para animator muda untuk mengembangkan animasi. Belanda memiliki 2 studio kecil khusus animasi yaitu Toonder Studio dan Dollywood yang dibangun sejak tahun 1950. Pada tahun 1970-1980 animasi di Belanda terus berkembang pesat, tidak hanya untuk iklan dan komik tetapi juga untuk film, alat teknologi 3D dan video game.

Tjeerd Royards, berasal dari Amsterdam, berprofesi sebagai seorang kartunist editorial yang sudah terkenal di mancanegara. Kartunnya sering muncul di Dutch dailies NRC Next, De Pers dan De Volkskrant, juga untuk koran di Jerman Handelsblatt dan Hannoversche Allgemeine dan Swiss weekly Weltwoche. Di 2010, Tjeerd menerima penghargaan sebagai ‘Citation of Excellence’ di United Nations Political Cartoon Award. Tjeerd juga menjadi Editor-in-Chief of Cartoon Movement.

The Monster of Nix, short animation yang diproduksi pada tahun 2011 oleh Studio Rosto A.D, Amsterdam telah meraih banyak penghargaan seperti Nominasi untuk “Golden Calf” on the Dutch Film Festival 2011. Pemenang “Best Original Film Score” Film Festival di Clermont-Ferrand. Pemenang “Best Animation Award” di Filmets festival of Badalona, Spain. Pemenang “Public Prize Best Short Film” Utopiales Film Festival, France, dan Official Dutch Entry in the Animated Short category for the “Academy Awards 2012”. 

Pembuat film, produser dan lembaga animasi membuat lahan sendiri untuk penyaringan film di website. http://www.animationtour.nl situs ini meluncurkan platform baru untuk animasi Belanda. Pada era sekarang bidang animasi di Belanda sudah multi-faced. Banyak seniman muda bekerja di bidang animasi. Puluhan lulusan animasi mahasiswa di akademi seni setiap tahun silir berganti di Nederlands Instituut voor Animatie Film untuk program Film Animasi. Animasi diproduksi secara luas dalam berbagai bentuk media, meskipun tidak ada studio besar untuk memproduksi film animasi. Namun, ada banyak perusahaan produksi aktif yang lebih kecil untuk pembuatan film independen yang telah banyak berkolaborasi dan bekerjasama dengan produksi internasional.

– ditulis oleh Dian Kusumastuti

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s