#812 #kompetibelanda

Buku sejarah dari tingkat SD hingga SMA di Indonesia sudah sering membahas bagaimana Belanda menjajah Indonesia. Akibatnya, bagi sebagian orang begitu muncul kata “Belanda” maka akan langsung tertuju ke satu titik “penjajah”. Saya tidak akan membahas Belanda secara historical, tapi lebih mengenai karakteristik Dutch (sebutan orang Belanda) yang mampu menguasai Indonesia hingga 350 tahun dan bahkan membuat Belanda menjadi salah satu negara paling berpengaruh di dunia dengan karya-karyanya.

sepeda menjadi alat transportasi utama di Belanda

Lihatlah beberapa hal unik yang sudah mendunia yang berasal dari Belanda seperti, Kincir Angin, Bendungan, Tulip, Klompen (sepatu kayu khas Belanda) dan bahkan Keju. Lebih dari itu, Di era sekarang ini, orang Belanda semakin tertantang untuk mengembangkan potensi dengan beberapa inovasi dan penemuan. Ilmu pengetahuan sangat diagung-agungkan di Belanda tidak heran banyak orang dari seluruh dunia ingin menuntut ilmu di Belanda. Sudah menjadi rahasia umum kalau letak dataran Negara Belanda yang sangat rendah hingga bahkan sebagian besar wilayahnya kurang dari 1 dpl, menyebabkan wilayah Belanda dikelilingi oleh dinding laut, hal ini juga menjadi salah satu faktor masyarakat Belanda terus memutar otak demi  kelangsungan hidup dan negaranya.

Karakteristik Dutch (sebutan untuk orang Belanda) yang mempunyai curiousity yang tinggi, suka akan tantangan, mau belajar , disiplin yang tinggi, saling menghargai,kompetitif dan suka berbincang-bincang, menjadi faktor penting dalam progress mereka. Walaupun beberapa Dutch individualistis dan tidak ramah kepada orang yang baru mereka temui. Tapi, ayolah! Semua orang mempunyai sisi baik dan buruk, dan kita sudah cukup pintar untuk memilah-milah tersebut. Tidak ada salahnya jika kita ambil intisarinya bukan.
Masyarakat Belanda tidak sepenuhnya orang asli, 19% dari populasi adalah warga negara asing dan expat (pelajar asing). Mereka sangat menghargai expat. Mereka suka membantu expat untuk mengenal dan beradaptasi dengan Belanda, mereka sangat suka mengobrol dan berbagi kisah dengan WNA untuk berbagi pengetahuan dan cerita yang dibawa dari Negara masing-masing. Bahasa sama sekali bukan halangan mereka untuk berinteraksi, hampir sebagian besar dari mereka mampu berbicara bahasa inggris. Tetapi tidak ada salahnya jika kita juga menguasai Bahasa Belanda, karena orang Belanda lebih menghargai orang asing yang bisa menguasai bahasanya walaupun sedikit.

“suatu Negara bisa maju bukan karena sumber daya alam atau sumber daya manusianya, tetapi  karena kreatifitas.” Kalimat yang diucapkan Goris Mustaqim dalam sebuah seminar setahun yang lalu masih menempel di ingatan saya hingga saat ini. Apa gunanya  punya banyak sumber daya tetapi tidak tahu bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Selain itu sebuah negara tanpa penggerak hanyalah sebuah lahan mati.

Tidak perlu iri dengan Belanda atau negara lain, karena perubahan itu timbul dari adanya keyakinan, kemauan, optimis dan kreatifitas. Kreatifitas bukanlah suatu bakat alam yang didapat ketika lahir dan timbul begitu saja, kreatifitas itu bisa dibentuk dan dikembangkan dan itu semua dimulai dari diri sendiri.

“ The question is not whether we will be extremists, but what kind of extremists we will be… The nation and the world are in dire need of creative extremists.” – Martin Luther King Jr.

 – ditulis oleh Dian Kusumastuti

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s