#814 Eindhoven Semakin “Bersinar”

Ternyata Belanda yang saya kenal sebagai negeri kincir angin (dengan banyak meneer disana..Hehe) merupakan salah satu negara yang memiliki ekonomi yang maju dan terbuka. Jika kita telusuri, salah satu kota yang memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Belanda adalah Eindhoven. Eindhoven adalah kota di provinsi Brabant Utara, Belanda Selatan. Di kota ini pula perusahaan Philips didirikan. Philips adalah produsen barang elektronik yang awalnya hanya membuat bola lampu.

Philips didirikan oleh dua bersaudara, Anton dan Gerald Philips. Keduanya memiliki kesenangan yang sama terhadap benda bundar yang memancarkan sinar yang ditemukan oleh Thomas Alva Edison. Pada tahun 1891 kedua pendiri Philips ini menempati satu pabrik tua di Eindhoven untuk membuat lampu. Saat itu, Eindhoven dikenal sebagai salah satu kota termiskin di Belanda. Namun, di tahun 1930 pertumbuhan ekonomi kota Eindhoven terus meningkat sampai saat Philips menyerap 20.000 tenaga kerja warga Eindhoven.

“Frits” Philips dan Kemajuan Eindhoven

Frederik “Frits” Jacques Philips adalah pemimpin keempat perusahaan Philips, anak satu-satunya dari Anton Philips. Tahun 1961, Frits menggantikan saudaranya, Frans Otten, sebagai presiden komisari. Pada masa kepemimpinannya, Frits sangat populer di kalangan warga Eindhoven karena rasa persaudaraannya yang tinggi (People called him as “Entrepreneur with a generous heart”).

Selain itu, Frits juga berkontribusi besar dalam memajukan Eindhoven. Compact Audio Cassette merupakan salah satu produk inovasi Philips saat kepemimpinan Frits memasuki tahun ketiga, jauh sebelum kita mengenal Ipod atau MP3 player. Frits sukses besar atas produk inovasinya yang luar biasa. Mari kita bayangkan, jika cassette tidak ditemukan!Dunia hampa dan mungkin tidak akan ada Ipod!Hehe.

Setelah lima tahun menjabat (1966), Frits mendirikan Evoluon berbentuk piring terbang. Frits mempersembahkan bangunan megah ini sebagai hadiah kepada warga Eindhoven, yang menjadi pusat riset, pengembangan, dan desain produk Philips. Karena jasa Frits yang luar biasa dalam memajukan Eindhoven, dia menerima banyak gelar penghormatan dan penghargaan semasa hidupnya, salah satunya adalah patung warna emas berbentuk dirinya.

Inovasi Tiada Henti

Tidak diragukan lagi, Philips memegang kendali perekonomian Eindhoven. Kota yang dulu dikenal miskin kini menjadi salah satu kawasan yang hidup oleh jaringan teknologi tinggi tingkat dunia. Philips juga menjadikan kota ini sebagai salah satu basis industri dan teknik Belanda. Selain jaringan lampu jalanan modern yang hemat energi, Philips juga membangun kampus, laboratorium, stadion bola, dan sebagian infrastruktur kota di Eindhoven.

Perubahan yang positif ini dapat dicapai karena adanya kreativitas dan inovasi tiada henti. Berawal dari bola lampu sederhana, lalu pada 1939 pisau cukur listrik pertamanya, Philishave, diperkenalkan. Berlanjut pada produk inovatif compact audio cassette dan Philips G7000, konsol video game.

Tahun 2000-an, Philips berhasil meluncurkan “Philips Green Products” yang dapat mengurangi biaya, hemat energi, dan ramah lingkungan dan memperkenalkan alat bedah sinar laser yang membuat pasien tidak perlu dibedah. Penemuan yang terbaru dan termutakhir pada Maret 2012 lalu adalah “Philips ‘floating’ LED street lighting”, yaitu sistem penerangan melayang yang dapat disesuaikan dengan cara orang bergerak dan bertindak.

Kita perlu belajar atas pencapaian Philips dan Eindhoven. Kreativitas dan inovasi merupakan proses yang dapat mendorong segala sesuatu bergerak cepat ke arah yang lebih baik dan dapat menciptakan value untuk masyarakat itu sendiri. Hah!Eindhoven semakin “bersinar” ya!🙂

– ditulis oleh Dini Marita

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s