#818 Dunia Fantasi Kampung Lansia ala Truman Show di Belanda

Truman Show merupakan film drama komedi yang dibintangi aktor Jim Carrey. Film ini memuat kehidupan seorang pria lengkap dengan lingkungannya yang direkayasa sebagai sebuah tontonan. Di desa Hogewey, negeri kincir angin, Belanda terdapat sebuah perkampungan yang khusus dipersiapkan untuk para lansia. Tentunya bukan untuk keperluan reality show.

Apa yang menarik pada kampung lansia ? Kampung ini berupa kampung mandiri yang dipersiapkan bagi lansia yang menderita dementia (kepikunan). Program ini, berawal dari ide merawat lansia dalam lingkungan yang sebenarnya. Saat ini, 23 unit apartemen yang telah dihuni oleh 152 warga.

Proses perawatan ini telah dipersiapkan oleh perhimpunan perawat eldercare (lansia), bekerjasama dengan pemerintah setempat serta instansi terkait. Biaya yang diperlukan sebesar $ 25 juta dolar. Sangat fantastis memang. Mengingat manfaat yang didapatkan sangat besar, bukan sebuah usaha sia-sia. Para lansia tetap mampu menikmati aktivitas seperti berbelanja, menonton bioskop, pergi ke salon. Mereka juga merasa masih sangat berdaya melakukan aktivitas harian tanpa kekhawatiran akan menjadi korban kriminalitas.


Sources: Hogewey is a Dutch nursing home for dementia patients designed to look and feel like a village.
(Courtesy Isabel van Zuthem)

Staf perawat yang ada di Hogewey telah tersertifikasi dalam penanganan lansia. Mereka yang ada di sarana pelayanan publik juga para pekerja yang telah terlatih menghadapi lansia. Benturan-benturan yang ada di lapangan, telah diminimalisir dengan berbagai kemudahan fasilitas yang dapat diakses lansia dan ketersediaan para staf handal yang siap membantu.

Pendekatan berbasis lingkungan ini, diharapkan mampu mempertahankan kualitas hidup yang dimiliki oleh lansia. Manfaat jangka panjang dapat mengurangi ketergantungan lansia pada obat secara berlebihan. Proses perawatan ini mampu menampilkan wajah perawatan lansia yang lebih manusiawi.

Terlepas dari pro-kontra, kampung ini merupakan cara terbaik dimana lansia merasa nyaman dengan dirinya. Lansia mempunyai penghargaan terhadap diri sendiri karena masih terjaga eksistensinya. Bila mereka memerlukan perawatan, dengan segera akan mendapatkan fasilitas kesehatan dan pelayanan yang terbaik.

Beberapa negara di Eropa juga Amerika Serikat, tertarik mengadaptasi sistem kampung ini sebagai pusat perawatan lansia. Bukan sekedar menampilkan sisi fantasi atau kehebohan sebuah program reality show namun pada aspek pemberian perawatan lansia yang lebih baik.

– ditulis oleh Agustina Ari H.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s