#822 Rahasia di Balik Kemajuan Belanda

Sejak dahulu hingga saat ini, Belanda yang akrab di telinga kita dengan Kincir angin dan Industri Kejunya ini adalah salah satu negara maju di dunia. Prestasi-prestasi yang membuat Belanda menjadi negara maju diantaranya yaitu, pada april 2011 IMF merilis data bahwa Belanda menempati urutan ke-9 sebagai Negara dengan PDB terbesar per kapita atau sekitar US$ 42,183, peringkat ke-3 sebagai negara terbesar pengekspor produk pertanian, Bloomberg juga mencatat bahwa Belanda adalah negara terbaik ke-2 di dunia sebagai Best Place for Business 2012, dibidang pendidikan Belanda menempati ranking ke-3 dalam World Reputation Rankings 2012, peringkat ke-10 sebagai negara dengan penerima nobel terbanyak, bahkan PBB juga menerbitkan World Happiness Report dan negeri Belanda adalah negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia. Sehingga yang menjadi pertanyaan adalah, Apakah rahasianya?

Kreatif dan Inovatif

Rahasia yang pertama adalah kreatif dan Inovatif, terbukti bahwa Pada akhir tahun 2011 The Martin Prosperty Institute menempatkan Belanda pada peringkat ke-10 sebagai negara paling kreatif di dunia, dengan nilai Global Creativity Indexsebesar 0,854. Banyak sekali penemuan-penemuan Inovatif baik dalam bidang Pendidikan, Teknologi, Energi, Lingkungan, hingga dunia Fashion sekalipun.

Misalnya saja, seperti gambar dan Video di bawah ini, Tiger-Stone adalah sebuah mesin penemuan baru dari Belanda, yaitu mesin penata bata yang dapat membuat jalan yang dilapisi dari bahan bata. Belum lagi PAL-V one, yaitu mobil terbang yang berhasil diuji coba pada april 2012 kemarin dan diharapkan menjai pionir mobil terbang komersil masa depan. Selain itu dua disainer Erik de Nijs dan Tim Smit, membuat celana jeans yang memiliki keyboard, sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna laptop atau komputer tanpa mereka harus duduk tegap dan terpaku di depan gadget milik mereka.

Bahkan menurut saya, komptiblog yang diadakan oleh Nuffic Neso Indonesia setiap tahunnya merupakan kompetisi paling kreatif, sebab jika dibandingkan dengan kompetisi lain yang sejenis, kompetisi ini memiliki syarat dan ketentuan yang sangat mudah dan sederhana, namun dapat menimbulkan efek domino positif yang sangat besar bagi masyarakat.

Bersahabat, Menghargai perbedaan, dan Menjunjung tinggi nilai HAM

“Differences of habit and language are nothing at all  
if our aims are identical and our hearts are open”

-J.K. Rowling-

Selain memiliki kota-kota yang indah dan tempat wisata yang indah seperti Keukenhof yaitu kebun bunga terbesar dan terindah di dunia, Rotterdam port dan Amsterdam Schiphol sebagai salah satu pelabuhan dan bandara terbesar di Eropa, ternyata Belanda juga menarik bagi wisatawan karena sikap terbuka dan bersahabat baik warga maupun pemerintahnya, hal  inilah yang menjadi rahasia kedua dari kemajuan Belanda. Terlebih lagi, keahlian masyarakat Belanda atau bahkan sudah menjadi tradisi dalam menguasai 3 atau lebih bahasa asing, sehingga warga asing merasa nyaman hidup di Belanda.

Selain itu, Belanda juga sungguh-sungguh sangat menjunjung tinggi HAM, hal ini sangat berbeda dengan negara adidaya seperti USA yang “hari ini berteriak HAM dan pluralisme, esok harinya menyerang negara lain” sehingga, hal ini bisa jadi alasan mengapa International Criminal Court berkududukan di Belanda, bukan di Amerika Serikat.

Sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang bisa dipelajari dari Belanda, apalagi jika kita mengunjunginya secara langsung. Sehingga, Belanda adalah tempat yang wajib dikunjungi sebelum meninggal dunia.

– ditulis oleh Dani Karnaen

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#822 Rahasia di Balik Kemajuan Belanda

  1. Saya jadi tau lebih banyak tentang Belanda Setelah membaca Artikel ini, keren !

  2. Sepertinya ini tulisan bukan orang biasa, anda pernah jadi wartawan atau sejenisnya ya?
    Infomasinya akurat, Terstruktur dengan baiik, Menginspirasi deh, Ini Tulisan orang Intelektual, Artikelnya keren mas Dani, !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s