#470 Orang Belanda Nyatanya Wong Edan

Orang Belanda memang sudah ‘GILA’. Yang keliatan nya mustahil, bisa nyata di Belanda. Beberapa orang mengenal Negeri Belanda tidak jauh dari Kincir Angin, Keukenhof (kebun bunga terbesar di dunia dimana terdapat beraneka macam jenis dan warna bunga tulip), Klompen (sepatu kayu unik khas tradisional Belanda yang sudah dikenal sejak jaman dahulu) dan pastinya warna Orange.

Tapi siapa sangka kalau cerita Nabi Musa yang membelah sungai itu terjadi di Belanda?

‘EDAN!’ Sungai dengan lebar 50 meter tersebut dibelah menjadi dua dengan jembatan layaknya Musa membelah sungai nil. Entah dari mana sang arsitek dari RO&AD mendapat ide untuk membuat jembatan di daerah Brabant, jalur barat di Belanda. Hal ini bikin saya setuju kalau ada slogan “Holland is a creative nation”.

Selain cerita Nabi Musa, hal ‘EDAN’ lain yang membuat saya terpukau dengan Negeri Tulip ini yaitu mereka bertamu ke rumah tetangga mengunakan sebuah perahu!!

Yaappp… ini yang saya maksud. ‘Desa terapung’ yang sering disebut “Venesia dari Belanda”.

Desa Giethoorn yang terletak di provinsi Overijssel, Belanda, sangat menarik perhatian saya. Giethoorn berarti tanduk kambing. Konon, jaman dulu para buron Mediterania datang dan berniat menetap disana, pada saat itu juga mereka menemukan banyak tanduk kambing liar yang tewas akibat banjir. Itulah mengapa desa ini dinamakan Desa Giethoorn.

Disekitar desa ini tidak ada jalur untuk transportasi darat, makanya para warga desa disini memakai perahu untuk jalan-jalan dan menggunakan jembatan kayu yang tinggi untuk masuk ke setiap rumah. Yang unik nya lagi perahu yang mereka gunakan disebut ‘perahu berbisik’ karena suara mesin perahunya yang sangat pelan. Unik juga ya menemukan desa terapung air ini di negeri belanda. Dengan suasana yang asri dan tetap bersih looohhh….

Nah, sekarang kita beralih ke transportasi darat.
Bosen gak sih dengan kemacetan yang beranak cucu di Jakarta. Waktu kita terjebak macet di Jakarta, pernah nggak berkhayal punya mobil yang bisa terbang? Kalo di Jakarta kita gak akan mungkin menemukan mobil tersebut, tetapi kalo di Belanda, mobil terbang itu ada.

WONG EDAAAAANNNN!!! “Nederlanders zijn zeer innovatief en creatief”.

Negara yang akrab dengan sebutan Kincir Angin ini memproduksi mobil terbang!
Mobil ini diberi nama Mobil PAL-V(Personal Air and Land Vehicle). Mobil ini di desain sebagai mobil komersil masa depan yang bisa diterbangkan layaknya Helikopter. Roda nya tiga, kalau di Jakarta sering disebut ‘bajaj’, bedanya kalo ‘bajaj’ yang ini bisa terbang, jadi ga bikin sumpek dan macet, hehehe. Diperkirakan mobil ini akan dijual pada tahun 2014. Hmmm, apa jadinya ya kalau tahun 2014 pengguna mobil di Jakarta beralih ke mobil ini? Semoga saja macet nya hilang, dan gak pindah ke Udara. Amiiinnn.

And now, the last but not least..

I have to say many thanks to Dutch people who gave appreciation to our heroine, Raden Adjeng Kartini.

Di beberapa bagian kota Belanda, nama Raden Adjeng Kartini dijadikan sebagai nama sebuah jalan seperti di Amsterdam, Utrecht, Haarlem, dan Venlo.

Kalau liat berita yang satu ini, rasanya sangat bangga sekali ya kita sebagai Warga Negara Indonesia memiliki Pahlawan Wanita yang namanya dikenang di negeri orang. Jadi nama Indonesia dikenal dengan baik di Negara lain.

Negara ‘Kincir Angin’ ini telah membuat saya terkagum-kagum. Tidak hanya dilihat dari kreativitas nya yang sangat luar biasa, teknologinya yang tinggi, perekonomian stabil, dan penghargaan mereka terhadap R.A. Kartini, membuat saya semakin tergila-gila dengan Negara ini. Sungguh sangat menginspirasikan Indonesia untuk menjadi Negara yang lebih maju dan berkembang.

Bagi saya Orang Belanda memang nyatanya ‘WONG EDAN!’

– ditulis oleh Florida Augusta

87 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

87 responses to “#470 Orang Belanda Nyatanya Wong Edan

  1. Hallo flo.. karena kita belum kenal, salam kenal dulu ya. Nama aku Nia, temennya berry..🙂

    Aku sudah baca tulisan kamu, dan tulisan kamu bagus deh. banyak memberikan pengetahuan-pengetahuan yang simpel dan unik tapi ga banyak yang tahu tentang itu. Gaya penulisan kamu, enak dibaca dan mudah dipahami..

    satu lagi info yang mau sedikit mau aku kasih tahu tentang belanda-indonesia. Percaya ga percaya, mayoritas pria belanda tergila-gila dengan perempuan indonesia. Mereka memanggil kita (perempuan indonesia) sebagai NYAI. Dan dalam pemikiran mereka, NYAI adalah sosok yang paling tepat dijadikan sebagai pendamping hidup. Disamping “penurut”, mereka juga meyakini bahwa nyai itu memiliki aroma tubuh yang wangi.

    SUKSES yah florida augusta siregar.. GBU perfectly🙂

  2. Yoseph

    pacar gw kaleee hihihi

  3. FOR SALEE

    pacar gw nih yang nulis hihihi

  4. Flo

    Hi Flo (berasa manggil diri sendiri)😀

    Nice piece of writting U have, Julukan “Wong Edan” emang cocok bgt untuk kreatifitas wong Belanda dan hebatnya gak ada istilah pencekalan sana-sini semuanya dihargai karena setiap karya pasti memiliki manfaatnya masing-masing dan pastinya membawa Belanda untuk menjadi yg terdepan.

    Kunjungan balik boleh dong ya😀, need u’r advice/opinion on my writting
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/03/40-belanda-pionir-majalah-playboy-edisi-lesbian-pertama-di-dunia/

  5. domika

    Ooooo di belanda udah ada mobil terbang ya :O…

    Seru bgt nih artikel ttg belandanya! Semoga Indonesia bs bersih,kreatif,dan bebas maceettt juga kaya belanda

  6. fajree

    nice writing teman🙂 tetap berkarya🙂
    salam kenal ,saya juga peserta kompiti blog ,buat saya, kemenangan bukan lah di ukur dari suatu standar2 yang ada, tapi kemenangan itu ketika bisa memberikan manfaat bagi orang lain..
    mari berbagi tulisan. selamat membaca ya.
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/#comment-1971
    dan
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/
    smoga bermanfaat🙂

  7. Obriga N.Menayang

    bagus flo artikelnya, buat nambah wawasan tentang Belanda. gw baru tau ada tempat-tempat unik disana. semoga Indonesia bisa ngikutin kreativitas dan teknologi mereka ya.

  8. citra

    Wow, my bad for underestimating Holland. Such a great place to live. Nice article flo. Keep writing! :*

  9. Anindya Ayu

    WOW Belanda amazing banget! baru tau ada mobil bisa terbang.. nice post, Flo😀

  10. larry

    Mantep jg nih artikel. Nambah wawasan tentang mantan penjajah bangsa kita dlu. Terus berkarya tet.

  11. Wow sehr Interessant😀
    Danke für teilen

  12. Equita

    Nice post🙂
    Nambah pengetahuan tentang Belanda selain sebagai penjajah.
    Tapi buat Judul aga kurang pas buat julukan org belandanya, tapi overall bagus kok \(^O^)/

    • florida augusta

      Makassiiihhh kak ecil saran nyaa, berarti mesti belajar lagi nih yaa cari judul nya yg pas, dibantuin ya kak🙂
      Terimakasih😀

  13. Putri Nanda Devi

    Huahahaha.. Selain Jl. Kartini disono ada jg Jl. Jawa, Sumatra, Kalimantan, Bali, dll. Dapet ilham dari mang ocep ya flo? Nulis Blog tentang Belanda? EDAAAANN!!

  14. “Really.??” that’s the word I can say to read this page.
    Nice post .. haven’t heard ’bout this..
    What’s next?
    Stay tune .. “Florida Augusta” ..

  15. ellen

    Nice article. Tapi, kalau judulnya wong edan, harusnya ada keedanan yang ga ada di negara lain yaitu, gay wedding. ;p

  16. Berry

    sangat bagus menceritakan keunikan negara luar. cuma ide aja sih kalau bisa negara kita juga diangkat beritanya😀

    • florida augusta

      Terimakasih komentar dan sarannyaa my lovely brotheeerr hihihihihi :*:*:* nanti akan dicoba untuk dibuat artikel nyaa😀

  17. Alvin J.

    Belanda, indah, unik, bisa jadi inspirasi negara lain, apalagi Indonesia yang belum “tertata” sepenuhnya. Makasi Flo artikelnya bagus bgt, inovatif n seger bgt buat pembaca, jangan berhenti ya !

  18. ternyata di negeri belanda bukan hanya bunga tulip dan kincir angin yang banyak orang tahu tetapi berbagai hal unik dan menarik serta mendidik masyarakat banyak. lain kali bahas tentang gay di belanda.🙂

  19. riko

    keren banget flo infonya..gw baru tau kalo belanda ternyata menyimpan sisi lain yg unik selain kincir angin dan tulip..walaupun negaranya kecil dan SDA-nya tidak banyak, tapi kalo soal kemajuan iptek dan kreativitasnya udah bisa disejajarin sama negara G8.

  20. Nur Ika

    wowww… flo artikel lo, bantu nambah wawasan gue. gue baru tau lho klo belanda itu bisa edan juga yaa :O
    kayaknya lo makin ke sini makin edan juga.. hehehe..
    thank’s flo artikelnya super inspiratif (Y)

  21. Arnita N

    Wah beneran ada ya yg kisah ngebelah lautan itu di Belanda! bedanya ngebelah lautan yg ini pake kreativitas banget bikinnya! terus seru deh kayanya mampir kerumah tetangga pake perahu, bebas polusi, peduli lingkungan!😀
    Bagus flo! nambah pengetahuan artikelnya. semoga Indonesia bisa kaya negara mereka, ayo wanita wanita Indonesia teruskan perjuangan RA Kartini!!😀

  22. nicho ab

    Amazing! wonderfull! Spectakuler!
    Ngeliat blok ini ngga cuma pengetahuan kincir angin doang yang ada dan jadi sebutan untuk negara belanda,jadi makin tambah pengetahuan ,dari ada jembatan yg membelah sungai sampai ada nama pahlawan kita R.A Kartini yang dijadiin untuk sebuah nama jalan di kota amsterdam.dan masih banyak hal” unik yg di bahas di blok ini dah.

    Maju terus sampai jaya flo !

    “Salam Wong Edan”😀

  23. denie amanda

    Baru tau aku ada nama pahlawan Indonesia di Belanda. So edan, flo. Thankyou for ur information. This is 1derful !!

  24. Lois Vifelea 李雅

    其实我很喜欢荷兰。
    因为我觉得这个国家很好。
    很多帅哥。:p
    哈哈哈哈哈哈
    开玩笑吧
    那个想法很不错。
    我没想到如果有汽车会飞。
    但是这个有才气的想法。
    也是跟那个桥一样。
    很好看。
    我想要去那边。
    有时候我们一起去吧。
    好吗?
    哈哈哈哈

  25. Andini Virianti

    wiih banyak info tentang belanda yang baru gue tau setelah baca artikel ini. edan deh flooo!

  26. ruth

    Wow Belanda! one of my fav country .. Emang banyaak bgt hal yg bs di bahas tnt belanda mulai dari kebersihan, teknologi sampe pendidikannya (ngarep bgt beasiswa S2 bisa tembus di Twente hehehe).. Buat penulis nya..berbakat bgt ya,jd nambah lg deh pngetahuan tnt belanda🙂

  27. Bharani Aliosidha

    Fully creative and informative!
    Banyak banget nih hal-hal unik yang dibahas disini, bisa banget nambah informasi dan pengetahuan tentang negara Belanda, hmm.. jadi makin tertarik sama hal unik lainnya di Belanda.
    Bangga banget sama R.A Kartini, sampai-sampai namanya harum hingga ke negeri kincir angin😉
    Keep creative Flo!

  28. dewanti

    Menarik abisss ini post….flo juga ketularan edan….:p

  29. jeksi

    ^_^ Haha menarik ini post.
    yang lebih menarik ternyata flo “WONG EDAAN”

  30. Saya baru tau mengenai hal ini dari artikel ini. Dan saya sangat bangga ada nama jalan disana dengan nama pahlawan kita! Kereeenn!😀

  31. Saya baru tau mengenai hal ini dari artikel ini. Trima kasih sudah membuat pengetahuan saya menjadi bertambah🙂

  32. creativitas orng sngat hebat,.mrk negara maju,yg selau tetap menjaga kelesatarian lingkungan negaranya,,tekhnologi mrk disesuaikan dgn kebutuhan lingkungan mrk dan selalu konssisten pd kelestarian lingkungan,,sprti desa apung dan mbl terbang…dan dng bentuk pemerintahan yg msh kerjaan disitu. Kita liat klo belanda msh menghargai yg namanya sejarah negara. Mrk,,mskipun tkhnologi yg maju tp nilai2 sejarah negara mrk msh dikedepan kan….tidak sperti indonesia,negara yg cpat lupa..sbgai contoh nya negara kita sudah lupa klo negara ini adalah bhineka tunggal ika..belum begitu maju tp sudah betingkah hahaha…….jd koment gw “belanda negara yg kreative,maju,tp tetap konsisten pd pada lingkungan dan kebudayaan mrk……hehehehe….

  33. uli tupang

    kreatif tulisannya..
    Unik yah ke tetangga aja pake perahu..hehehhehe
    Mudah2an bisa ngeliat langsung jg

  34. ariane

    Luaarr biasaaaaa yah,, bisa begituuu.. Hehehehehehe

  35. Puji Lestari

    Kreatif..
    Thank’s infonya..
    Gak kebayang kalo di Jakarta banyak pengguna Mobil PAL-V hihihi

  36. Nadia Permata Sari

    Cool! Ternyata Belanda punya nama jalan yg terinspirasi dari pahlawan wanita Indonesia, jd makin bangga deh jd warga Indonesia. Nice research & nice blog flo😀

  37. Bagus tulisannya..jd menambah kerinduan utk ksana😀 pantas dsana jg jd negara tujuan utk belajar..btw,pngn nyoba si mbl terbang itu😀

  38. amanda ayla

    Nicely done! Very informative. Sukses

  39. Woooowww
    Pertama lo kreatif banget, sampe bisa mau nulis tentang artikel negara Belanda
    Dan gw baru tau tentang Nabi Musa yang membelah sungai itu terjadi di Belanda😀
    Good job flooooooo :*
    Godbless

  40. Hi Florida…
    Nice info, ak seneng banget baca mengenai jembatan di daerah Brabant.
    Bener-bener gak nyangka Orang-orang Belanda sangat kreatif!! it was suprising me, mudah-mudahan arsitek di Negeri kita jadi lebih terinspirasi. Berkat artikel kamu, ak jadi lebih tau tentang Belanda, dan jadi pengen tau lebih lagi tentang Negeri si Kincir Angin itu (Belanda)🙂

    • florida augusta

      Makasih kak Siskaaa😀
      Iya aku juga suka sama negara ini, kreatif banget sampe bisa bikin jembatan musa ehhehe
      Semoga artikel nya jg bisa bermanfaat buat yang lain🙂

  41. anastasia salinrie

    Woww! I like this blog floo❤
    Gw bru tau trnyta belanda keren bgt punya macem ² keindahan pdhl gw cumand tau ttg kincir angin duank wktu sd gw bljr wkwkw
    Trlebihh sungai yang terbelah oleh jembatan blum lagii nama RA.kartini jadi nama jalan dsna
    Betul bgt klo ad slogan " holland is a creative nation"
    Benerr ² WONGEDANNN dehh floo😀 wkwk

  42. anastasia wijaya

    Edaaaan! Gw suka sama blog lo flo. That is real from Belanda ya. Kagum dengan negaranya, mulai dr kebersihan, kestabilan trhdp perkenomian dan semua :))
    Lebih seneng lg krn gw baru tw disana ada nama r.a kartini pahlawan dr negara kita sendiri. Yaaaa pembelajaran jg bagi org2 disini buat lbh respect dan selalu bangga sm hal2 kayak gituan. Di negara luar aja malah mereka lbh respect. Two thumbs up blognya flo (y) !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s